ao Rumus ALT bagian 8 : Ångstrom dan Alfabet Islandia ~ Satria

Featured Video

Welcome to Satria

Sabtu, 15 Mei 2010

Rumus ALT bagian 8 : Ångstrom dan Alfabet Islandia


Ångstrom
Huruf Å memiliki berbagai cara pengucapan dalam abjad Swedia, Finlandia (meskipun tidak ada kata dalam bahasa Finlandia yang memiliki huruf å), Denmark, Norwegia, Frisia Utara, Walloon, Chamorro, dan Istro-Rumania. Abjad lain yang menggunakan huruf ini meliputi Sami Lule, Sami Skolt, dan Sami Selatan.

Å sering disebut sebagai sebuah A dengan lingkaran, mengartikan lingkaran ini sebagai tanda diakritik. Tetapi, dalam bahasa yang menggunakannya, lingkaran ini tidak dianggap sebagai diakritik tapi bagian dari huruf. Berkembang sebagai bentuk semi-ligatur A dengan a lebih kecil di atasnya untuk mengartikan a panjang, sama dengan tanda umlaut ¨ yang berasal dari e kecil yang ditulis di atas huruf.

Bagi bahasa yang tidak menggunakan dalam abjadnya, huruf ini dikenal sebagai simbol Ångström.

Ångstrom atau angström atau ångström dengan simbol Å adalah satuan panjang. Walaupun bukan merupakan satuan SI tetapi sering digunakan dengan satuan SI.

Digunakan untuk pengukuran ukuran atom dan panjang senyawa kimia menggunakan spektrum optik. Satuan Angstrom juga umum dipakai dalamsatuan Ångstrom pengukuran panjang gelombang cahaya.

Istilah angstrom sendiri diambil dari fisikawan dari Swedia bernama Anders Jonas Ångström (1814-1874) yang merupakan bapak spektroskopi untuk menghormati jasa-jasanya dibidang spektroskopi. Spektroskopi adalah teknik untuk mengidentifikasi senyawa kimia menggunakan panjang gelombang cahaya yang diserap atau yang dihasilkan tergantung dari karakteristik senyawa tersebut. Cahaya yang melewati atau yang berasal dari suatu senyawa dilewati melalui prisma yang memisahkan berbagai panjang gelombang untuk membentuk spektrum warna. Spektrum yang dihasilkan sering memiliki pita cahaya terang yang berhubungan dengan panjang gelombang yang dihasilkan, atau pita cahaya gelap jika senyawa tersebut menyerap cahaya. Pola pita cahaya mengidentifikasi suatu senyawa seperti sidik jari mengidentifikasi seseorang.

Dalam bahasa Swedia, angstrom dieja mendekati “ong-strerm.”

Dalam penggunaan komputer simbol Å dan å dapat dihasilkan dengan perumusan Alt+143 dan Alt+134

Alfabet Islandia
Beberapa huruf Islandia sebenarnya sudah pernah dibahas sebelumnya seperti Ææ, Öö, ú dan lain-lain. Namun ada huruf tertentu yang belum dibahas dan memiliki karakter yang unik dibandingkan huruf lainnya, dinamakan Eth dan Thorn yang dilambangkan dengan Ðð dan Þ.

Eth
Eth (Ð, huruf kecilnya ð) selain digunakan pada bahasa Islandia juga pernah digunakan pada bahasa Inggris kuno, Faro (yang disebut edd) dan Elfadalian. Eth mirip huruf D dengan goresan garis ditengahnya sedangkan huruf kecilnya seperti sebuah pulau dengan garis diatasnya.

Pada bahasa Islandia, ð mewakili suara frikatif (bunyi yang dihasilkan jika udara menggeser alat ucap) gigi dan lidah seperti th pada bahasa Inggris “them,thy” namun tidak pernah mucul sebagai huruf pertama pada sebuah kata.

Huruf ð juga digunakan dalam buku-buku pelajaran matematika dan rekayasa sebagai simbol fungsi perputaran berat. Pada penginputan komputer simbol Ð dan ð dapat dihasilkan dengan mengetik angka 0208 dan 0240 sambil menekan dan menahan tombol alt pada keyboard.

Thorn
Thorn Þ, sama halnya dengan huruf eth, thorn juga pernah digunakan pada bahasa Inggris kuno dan bahasa Scandinavia pada abad pertengahan yang kemudian diganti dengan huruf rangkap th.

Thorn memiliki dua fonem (makna kata) dalam bahasa Iggris yang disebut tanpa suara frikatif gigi dengan lidah contohnya “thin, thigh, thick” dan bersuara frikatif gigi dengan lidah contohnya “then, the”.

Dalam ilmu tipografi, huruf thorn merupakan salah satu karakter dalam himpunan huruf yang berasal dari huruf Latin dimana huruf kecilnya lebih besar daripada huruf besar pada pemakaian font normal (tipe Roman).

Penggunaan huruf thorn sebagai simbol pernah dipakai pada beberapa film Halloween di Amerika, thorn juga bisa digunakan sebegai emoticon dengan wajah menjulurkan lidah kedepan :-þ, :-Þ, :þ, atau menggambarkan seorang pria menggunakan topi (-:þ.

Dalam penginputan huruf thorn pada keyboard komputer berbasis windows dengan mengetik angka 0222 untuk huruf besar Þ dan angka 0254 untuk huruf kecil þ sambil menekan dan menahan tombol alt.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Blogger Theme by Lasantha - Premium Blogger Templates | Affiliate Network Reviews